-->

Selasa, 04 Oktober 2011

Lovely City, Lovely Story at Xiamen, China

Dela, Marshe, Putri, Bety, Naufal, Fanny
Capek banget rasanya muter-muter di China dengan mengemban banyak tugas dari Pemerintah. Dan banyak sekali kejadian super interesting yang bisa aku petik dari perjalanan serta kunjunganku ke China, tepatnya di kota yang sangat indah bernama Xiamen.

 Oke, saat kami berangkat yaitu pada tanggal 18 September sudah ada yang namanya kejadian yang cukup bikin kesel. Pesawat yang membawa kami transit menuju Hongkong harus mendarat mendadak di Bandara perintis yang lain karena Bandara Internasional Hongkong dalam keadaan sangat sibuk dan tidak memungkinkan untuk mendarat. Alhasil, kami tiba di Bandara Internasional Hongkong pada pukul 17.30 waktu setempat dan pesawat yang sudah dipesan dan membawa kami menuju Bandara Internasional Xiamen telah berangkat pada pukul 17.15. Kami telat, perasaan takut, kecewa, marah, dan sedih bercampur jadi satu. Percayalah, bahwa jus campur lebih enak daripada perasaan seperti ini dan dicampur-campur. Dan kami dapat kabar yang kami sendiri ragu ini kabar baik ataukah buruk, namun pesawat menuju Bandara Internasional Xiamen akan take off pukul 22.00 waktu setempat. Yah, kami menunggu sekitar 4 jam  di Bandara Hongkong.
Sekitar pukul 22.00 waktu setempat, pesawat siap menerima penumpang. Dan kami menuju Bandara Internasional Xiamen dan tiba di Keji Middleschool pukul 11.30.


Kami banyak bertemu teman-teman baik disini, cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Dan yang pasti sangat sangat ramah dan baik hati. Beberapa diantara mereka menjadi sukarelawan untuk menemani kami berkeliling kota Xiamen, berkeliling sekolah dan tempat wisata. Dan yang paling top markotop, mereka menemani kami berbelanja banyak souvenir. Kenalan deh sama murid ganteng yang namanya Jack, Hahahay.


Mr. Yusuf, Chen, Naufal, Marshe, Fanny, Bety, Dela, Putri, Mam Ari, Moulie
Disini kami mengemban tugas untuk mengobservasi, untuk meneliti dan memahami apa saja yang dilakukan oleh murid di Xiamen  dan mempraktekkannya saat kembali ke Surabaya. Kami juga mengikuti banyak kelas di Keji MiddleSchool  mulai dari kelas Bahasa Inggris, Kelas Bahasa China, Kelas Seni, dan Kelas Musik.  Kami sangat menikmati perjalanan kami hingga akhirnya hari ke-5. Tepatnya hari Kamis, tanggal 22 September 2011.

Hari jum’at, 23 September 2011 merupakan hari yang sangat menyusahkan dan sangat tidak mengenakkan apalagi bagi Aku pribadi karena Diriku terserang cacar yang memang sedang mewabah di Asia. Aku diasingkan, Aku di karantina dan dilarang keluar dari kamar karena penyakit ini. Aduh, katanya sih disini sudah biasa bagi anak-anak. Tapi yang satu ini bikin sedih dan selalu pengen nangis jadinya. Bahkan Aku dan teman sekamarku dilarang masuk ke ruang makan karena takut yang lain akan terinfeksi. Ya Ampun, parah banget deh disini. Dan parahnya lagi, kami semua harus segera meninggalkan Keji Middleschool dan dibawa menuju hotel, meskipun kata mereka hotel yang disewakan untuk Kami adalah hotel terbaik, termahal, termewah, dan tersegalanya dah di Xoamen, aku masih tetep aja sedih. Ya spontan aja, gara-gara sakit beginian aja temen-temenku semuanya jadi korban. Tapi alhamdulillah sih mereka bisa ngerti bahkan dukung aku sebisa mungkin.

Sabtu pagi adalah rencana kami meninggalkan Xiamen, dan di hari inilah aku dibuat shock berat. Pesawat tidak bisa menerima keadaanku yang terserang cacar karena memang penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan menginfeksi orang lain dengan sangat cepat. Aku menangis, aku jerit-jerit, aku udah mohon sama Pemerintah tapi tetap mereka tidak bisa berbuat apapun karena memang hal ini untuk kebijakan bersama. So, Aku harus tinggal di Xiamen hingga lukaku sembuh. Alhamdulillah Ibu guruku tercinta menjadi sukarelawan untukku dan menjadi teman selama aku di Xiamen. Dan diprediksikan tanggal 30 September kami segera kembali ke Indonesia. Teman-teman tentunya bingung dan khawatir, apalagi salah satu diantara kami adalah Kepala Dinas Pendidikan Surabaya dan Beliau begitu khawatir dengan keadaanku dan terlihat amat kecewa dengan keputusan yang diberikan pihak penerbangan.

Kami dibawa kembali menuju hotel yang sama, kebayang nggak, kami dibawa ke hotel yang sama mahalnya. Pasti Pemerintah Surabaya bakal marah banget kan kalo mereka harus didaulat untuk bayar hotel semahal itu untuk seminggu? Boogg..

Alhamdulillah, ternyata aku benar-benar beruntung. Selama ini aku sudah dikenal mereka sebgai interpreter yang cukup baik dan akrab untuk mereka. Entah karena alasan ini atau tidak, namun seluruh biaya hotel, makan, minum, tidur, mandi, gosok gigi, de el el ditanggung oelh pemerintah Xiamen. Leganya...
Tapi ya begitu, mengingat keberangkatan kami menuju Indonesia masih lama kami tentunya merasa teramat rindu dengan suasana di Rumah. Karena delegasi kami disini hanya dijadwalkan selama 6 hari, sedangkan kami punya tambahan ekstra 6 hari lagi, ya... enjoy adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Aku pulang saat sembuh dan sembuh adalah tujuan utama dan satu-satunya tiket agar aku bisa pulang ke rumah.

Ini ceritaku, Apa ceritamu?

58 komentar:

  1. luar biasa..., smg lancar2 aja urusan disana yaa...,:)

    BalasHapus
  2. @Rohis: amin, tapi masalahnya ini sudah pulang ke Indonesia.. heheh

    BalasHapus
  3. ternyata penyakit cacar yang keren
    bisa membuatmu lama di China :D

    BalasHapus
  4. asik :)

    semangat yak :D

    sukses selalu disana hahaha~

    BalasHapus
  5. @John: lama sih lama, tapi kan bikin nyiksa atuh Kang..

    BalasHapus
  6. waaah ikut merasakan kesenangannya..
    saya serasa di sana juga,he..he..

    BalasHapus
  7. @nurul imam: waduh, oleh olehnya sudah abis..
    :)

    BalasHapus
  8. @Pakaian Indonesia: wah, iya kah??

    senengnya..

    BalasHapus
  9. ini program pemda surabaya ya Poet, hebat dan selamat ikut kunjungan pelajar.
    Selamat juga jadi punya banyak bahan posting original dari negerinya jet lee

    BalasHapus
  10. wah besok kalau ada pertukaran pelajar ke CINA ajak kita-kita put..
    kalau gak gitu kita berangkat bareng-bareng saja..
    mengahayal dulu..
    :D:D

    BalasHapus
  11. woooow . . .
    serasa ada di china pas baca tulisanmu, jadi pengen dweh rasanya mendarat di sana, nice sharing!

    BalasHapus
  12. kapannya bisa jalan-jalan ke negeri tirai bambu,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  13. cerita dari pengalaman yang menarik dari perjalanan hidupmu,,,tp kita punya kesamaan bahwa akhir september q juga kena cacar...


    aneh emang penyakit ini ya...

    BalasHapus
  14. wah....terus update pejalanan di cina-nya ya..:)..

    BalasHapus
  15. put, ini rima. keren nih fotonya. aku juga pgn d.ajak :( kpan2 kita maen k Cina lgi y :) (:D :D :D :D cek gmpang.e nek ngmg. dpkir indo-cina jraknya sma apa kya' pakal-kendung :D :D :D) last, follow and give me comments @inirhyma.blogspot.com. kritik dan sran sangat dtnggu. yang bnyak ya :D :D thx

    BalasHapus
  16. Huaah asik banget kau put, ke negeri tirai bambu... >.<
    Jangan lupa, bawa oleh2 cewek china ya, put :D

    BalasHapus
  17. subhanallah. tidak semuanya bisa kesana sob, banyak banyak bersyukur yah, semoga kedepannya kamu bakalan lebih sukses lagi, jangan pernah lupain temen temen kamu juga ya? :)

    BalasHapus
  18. Bersyukurlah karena sempat menginjakkan kaki di China.
    Musibah kena cacar itu jenis cacar air atau lainnya? Di tempatku sekarang juga sedang mewabah cacar air, anak saya baru sembuh seminggu yang lalu.

    BalasHapus
  19. wah keren2..
    pasti banyak yang bisa didapat dari sana :)...

    BalasHapus
  20. @Mr. Nyariadi: iya Om.
    Saya jadi delegasi pendidikan kota Surabaya inih

    BalasHapus
  21. @Farobi: wahh, makasih ya atas pujiannya.
    Hope so you can visit there

    BalasHapus
  22. @Saryadinilan: ya, kapan-kapan aja. Kalo ada duit.. hehehehe

    BalasHapus
  23. @Mag: iya nih, aneh sangat..!! kesel aku dibuatnya..
    Koq nggak sakit waktu di Surabaya aja sih?? kenapa harus sakit di negeri orang

    BalasHapus
  24. @Fyrdha: oleh-olehnya sudah habis.. :) hehhe
    maaf ya

    BalasHapus
  25. @Rima: hehehhe, iya. kapan-kapan Aku ajakin kamu kesana ya...
    :) deket koq, paling perjalanan 7jam doang

    BalasHapus
  26. @Iam: cewe' China jelek-jelek, Mas
    Cantikan Aku.. :)

    BalasHapus
  27. @Qiswa: amiin amin ya Rabbal Alaminn..
    :)


    aku nggak akan lupakan teman, aku nggak akan pernah bisa melupakan teman dan Aku harapa selamanya begitu ya. amin

    BalasHapus
  28. @Halaman Putih: iya, Di Asia memang lagi wabah cacar. Termasuk di Indonesia dan China..
    :)
    Alhamdulillah Yah..

    BalasHapus
  29. ne yang nerusin Ade yaaaa???


    keran ya bisa k china.......


    kunjungi balik yaaaa......
    n tukar link yaaa

    BalasHapus
  30. @cari kerja: Koq kenal Ade?
    iya, bagian yang nerusin nih, berharap SMA 11 ada lagi.. di tahun depan

    BalasHapus
  31. waaahh, asyiik bgt walaupun sempet ngrasain bt gr2 cacar, but it's very interesting for me. keep working yah put ^-^

    BalasHapus
  32. Wih.. udah di china dia.. :D
    Yg sbar yah.. ak jga udah kna cacar kmaren.. pas ujian knaikan kelas lagi.. ~_~ Penyakit itu sngat menyiksaaaaaa banget.. Dibilang sakit ga bgitu sakit, dibilang sehat, ga sehat jugak..
    Perjalananmu disana sungguh penuh cobaan yah putri.. Semogakamu tidak lupa dengan-Nya disana.. eh btw, disana ada mesjid? O_O
    Waiting your story when you comeback sister.. :)

    BalasHapus
  33. semoga lancar dan dapat sehat selalu......

    BalasHapus
  34. tugas apaan neh put??
    udah sembuh total blm sakitnya? hehehehe

    BalasHapus
  35. @Rendra: absolutely dong, Rend..
    thanks a lot for yours ya..

    BalasHapus
  36. @Hammy: Aku udah pulang Ke INA..
    :)

    iya, sakit cacar adalah penyakit yg menyusahkan sekaligus penyakit yg membawa kegembiraan, hahahaha

    BalasHapus
  37. @Kira: alhamdulillah sudah sembuh, Mas/..

    tugas nya pemerintah atuhh

    BalasHapus
  38. Klo ngga ada buah tangan, buah kaki aja deh

    BalasHapus
  39. @Nurul Imam: wah wah, buah kaki katanya..
    buah kepala, atau buah lengan , buah paha, gitu nggak ada sekalian ta??

    BalasHapus
  40. kan gua suka banget nyari yang ga ada barangnya ... ckckkck

    BalasHapus
  41. Salut, anak kecil jd delegasi jawa timur.....

    BalasHapus
  42. Wah, seru yaa.. bisa jalan2 ke China. :)

    BalasHapus
  43. keren yaa.. sampe China euy... kalau aku juga go intertational juga ding, tapi karyaku doang, sampe Belanda, Romania, Jerman, Amerika.. doh kapan ya aku dikirim ke sanaaa...

    BalasHapus
  44. werrr, kereen bos.!! sumpah keren banget.!!
    pengeeeeeen.!

    :32

    BalasHapus

Menurutmu?