-->

Rabu, 28 Desember 2011

Hijab Punuk Unta, Kesalahan Besar dalam Berjilbab

You are beautifull beautifull beautifull, kamu cantik cantik dari hatimu...  -CherryBelle- 
blogiztic.com
Semua wanita itu cantik. Setuju sekali dengan pendapat CherryBelle yang ini. Wanita adalah sumber keindahan, apalagi mereka yang merawat serta menjaga keindahannya dengan berjilbab. Di era modern ini banyak beredar begitu banyak model jilbab yang mampu menarik seorang wanita untuk berhijab. Model jilbab segi empat, model jilbab selubung, model jilbab lapis, wahh banyak sekali lah model jilbab yang sekarang sedang trending di Indonesia.



Namun, kebaikan seorang wanita untuk berjilbab tentu memiliki aturan dalam islam dan tidak hanya berpacu pada mode dan fashion. Berjilbab yang sebenarnya adalah berjilbab dengan sederhana dan apa adanya, dengan hiasan yang ala kadarnya. Berjilbab bukan untuk menampakkan kemolekan rambut.


Perhatikan model jilbab yang saya dapat dari akhwatmuslimah.com



Ada tonjolan di belakang kerudung yang merupakan hasil gelungan rambut -beberapa sumber menyatakan bahwa tonjolan tersebut merupakan sumpalan berupa bantal kecil yang sengaja di masukkan untuk memperindah bentuk-. Bentuk berjilbab yang seperti inilah yang dinamakan hijab punuk unta. Dan tahukah Anda bagaimana respon Islam terhadap wanita dengan model jilbab yang seperti ini? Berikut hasil petikan informasi berupa dalil dan hadist yang saya dengan sumber http://www.kajianislam.net/modules/wordpress/2011/11/20/beginilah-gambar-perempuan-yang-kepalanya-ibarat-punuk-onta-yang-disebutkan-oleh-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-ala-alihi-wa-sallam-dalam-hadits-shahih-riwayat-imam-muslim-dan-lainnya-bahwasanya-mer/

Beginilah Gambar Perempuan Yang Kepalanya Ibarat Punuk Onta, Yang Disebutkan Oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam Dalam Hadits Shahih Riwayat Imam Muslim dan Lainnya Bahwasanya Mereka Tidak Akan Masuk Surga dan Tidak Akan Mencium Bau Wangi Surga, Padahal Bau Wangi Surga Bisa Dicium Dari Jarak Yang Sangat Jauh..

Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda”
 ( صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مائلات مميلات رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لايدخلن الجنة ولا يجدن ريحها وان ريحها لتوجد من مسيرة كذاوكذا )
رواه أحمد ومسلم في الصحيح .
“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya,
1.      Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia [maksudnya penguasa yang dzalim],
2.      dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu [jarak jauh sekali]”.
(HR. Muslim dan yang lain).
Penjelasan Hadits Menurut Para Ulama:
Imam An Nawawi dalam Syarh-nya atas kitab Shahih Muslim berkata:
“Hadis ini merupakan salah satu mukjizat Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam. Apa yang telah beliau kabarkan kini telah terjadi…
Adapun “berpakaian tapi telanjang”, maka ia memiliki beberapa sisi pengertian.
Pertama, artinya adalah mengenakan nikmat-nikmat Allah namun telanjang dari bersyukur kepada-Nya.
Kedua, mengenakan pakaian namun telanjang dari perbuatan baik dan memperhatikan akhirat serta menjaga ketaatan.
Ketiga, yang menyingkap sebagian tubuhnya untuk memperlihatkan keindahannya, mereka itulah wanita yang berpakaian namun telanjang.
Keempat, yang mengenakan pakaian tipis sehingga menampakkan bagian dalamnya, berpakaian namun telanjang dalam satu makna.
Sedangkan “maa`ilaatun mumiilaatun”, maka ada yang mengatakan: menyimpang dari ketaatan kepada Allah dan apa-apa yang seharusnya mereka perbuat, seperti menjaga kemaluan dan sebagainya.
“Mumiilaat” artinya mengajarkan perempuan-perempuan yang lain untuk berbuat seperti yang mereka lakukan.
Ada yang mengatakan, “maa`ilaat” itu berlenggak-lenggok ketika berjalan, sambil menggoyang-goyangkan pundak.
Ada yang mengatakan, “maa`ilaat” adalah yang menyisir rambutnya dengan gaya condong ke atas, yaitu model para pelacur yang telah mereka kenal.
“Mumiilaat” yaitu yang menyisirkan rambut perempuan lain dengan gaya itu.
Ada yang mengatakan, “maa`ilaat” maksudnya cenderung kepada laki-laki.
“Mumiilaat” yaitu yang menggoda laki-laki dengan perhiasan yang mereka perlihatkan dan sebagainya.
Adapun “kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta”, maknanya adalah mereka membuat kepala mereka menjadi nampak besar dengan menggunakan kain kerudung atau selempang dan lainnya yang digulung di atas kepala sehingga mirip dengan punuk-punuk unta. Ini adalah penafsiran yang masyhur.
Al Maaziri berkata: dan mungkin juga maknanya adalah bahwa mereka itu sangat bernafsu untuk melihat laki-laki dan tidak menundukkan pandangan dan kepala mereka.
Sedang Al Qoodhiy memilih penafsiran bahwa itu adalah yang menyisir rambutnya dengan gaya condong ke atas. Ia berkata: yaitu dengan memilin rambut dan mengikatnya ke atas kemudian menyatukannya di tengah-tengah kepala sehingga menjadi seperti punuk-punuk unta.
Lalu ia berkata: ini menunjukkan bahwa maksud perumpamaan dengan punuk-punuk unta adalah karena tingginya rambut di atas kepala mereka, dengan dikumpulkannya rambut di atas kepala kemudian dipilin sehingga rambut itu berlenggak-lenggok ke kiri dan ke kanan kepala.
Oleh karena itu, bagi teman-teman Blogger yang merasa memiliki teman, pacar, atau saudara dengan berjilbab sedemikian, cobalah untuk menegur. Niscaya dengan menegurnya dan menunjukkan kebaikan akan membantu wanita tersebut menikmati harumnya bau surga. Subhanallah...




Sumber gambar: http://www.kajianislam.net

42 komentar:

  1. saya juga berjilbab mbak, saya lebih suka untuk pakai jilbab paris polos. tapi terkesan mewah . mbah,, follow aku ya mbak, semoga kita bisa berteman

    BalasHapus
  2. wah, jadi gaboleh ya mbak kalau pakai model kayak gitu? :o kalau aku sih milih yang praktis aja :D

    BalasHapus
  3. wow ... gitu yah
    tapi kalo dalam kacamataku
    hijab punuk unta malah jelek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih jelek lagi kalau yg dihijab badaniny aja.. Hatiny g di hijab... Banyak ukhti zaman sekarang hatiny g dihijab... Jadinya bawaanny iri hati dan dengki melihat kebaikan dan keberhasilan akhwat yg lainnya... Apalah gunanya seluruh badan di hijab tapi hatinya tidak ...

      Hapus
  4. makasih infonya putri, jadi tau sekarang kalo ga boleh berjilbab sperti itu :)
    aq follow blognya ;)

    BalasHapus
  5. @na naa: iya sama, aku juga lebih suka kerdung paris. bebas berekspresi toh..

    follow dulu dong, khihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan ukhti.. Ini penafsiran hadistnya ukhti dapat dari kitab apa y? Bab apa? Ana mau mempelajarinya.. Mohon infony y.. Karna ana ingin mengetahui ke shohihan hadist ini terlebih dahulu sebelum menyampaikan ke pada akhwat yg lain.. Syukron

      Hapus
  6. @Azahrah: gak boleh dek, pake kerudung kaya gitu melanggar norma agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan ukhti,hadist yg ukhti share diatas itu termasuk salah satu hadist dho'if (lemah stanadnya) bukan hadist shohih.dan hadist dho'if tidak bisa kita jadikan panduan ukhti.. Tapi memang kita sebaiknya selalu sederhana dalam segala hal termasuk dalam berpakaian sebab Allah tidak menyukai segala yg berlebih2an.so mohon hati2 ya akhwat semua dalam menggunakan hadist,mohon teliti dulu ke shohihan hadist tersebut agar awam tidak salah dalam panduan. Syukron

      Hapus
  7. @Iskandar: jeleeeek banget, terkesan Alay. :(

    BalasHapus
  8. @Betty: makasih sudah di Follow, Follow baliknya ditunggu ya

    BalasHapus
  9. yang penting wanita itu menjaga diri baik sikap,pakaian,perbuatan/kata2 yang sopan sehingga tidak dilecehkan

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. ia aku juga dapet ilmu yang sama dari bukunya mbak afifrah afra. Tapi yang aku bingung gimana ngingetin temen-temennku yang pakai jilbab seperti itu?

    BalasHapus
  12. @Al kahfi: setujuu :)
    menjaga diri itu yang terbaik :)

    BalasHapus
  13. @Arsifa: katakan dengan kelembutan, bicara baik-baik, "teman, gaya kalian gak baik lho, hanya menuruti model dan ternyata dilarang Islam"..
    lama kelamaan, temenmu pasti sadar diri kok. Insyaallah

    BalasHapus
  14. wah, yang jadi model oke juga itu, haha :D

    BalasHapus
  15. pacar? waduh, masih single.. makasih share infonya ya.. :)

    BalasHapus
  16. Wah terima kasih atas informasinya Mbak,,ntar saya sampaikan pada teman² saya nih,,,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  17. aku mampir dek, maka dari itu marilah kita berjilbab sesuai syari'at islam. meski aku belum bisa tapi paling ga jilbabku ga mengarah ke hal-hak yg kau sebut tadi :)

    BalasHapus
  18. @Atdayan: sing didelok mesti modele.. hadehhhh!!!

    BalasHapus
  19. @anas: ya kalo bukan pacar ya temen kan bisa.. hadehhh

    BalasHapus
  20. @Sofyan: oke, monggo di share ya..
    semoga bermanfaat :))

    BalasHapus
  21. @Mbak Vira: sama mbak, jilbab kita mah jauh dari begituan yak..
    kita suka kesederhanaan :) horee

    BalasHapus
  22. Okey2,., Good ,., Mau komentar jadi bingung . . .

    BalasHapus
  23. @Sandu: tinggal komentar aja kok bingung??
    Hadeeehhh

    BalasHapus
  24. Wah, aku sering tuh lihat cewek pake jilbab kyk gitu waktu dikampus

    BalasHapus
  25. @Mifta: ya ditegur aja deh..
    Pembawa kebenaran

    BalasHapus
  26. Penyesaran Gaya gembira... :( ... uuuuukkh wal'iadzubillah,,...

    BalasHapus
  27. mudah-mudahan saya tidak termasuk yang seperti itu

    BalasHapus
  28. semuanya udah ada dalam alqur'an ya,,saya baru tahu kalau berkeudung dengan menggunakan tonjolan dibelakang adalah punuk unta,,saya gak akan gitu lagi agh ,,soalnya udah tahu

    BalasHapus
  29. @Cara: Amin..

    @Diabetes: Alhamdulillah juka sudah mengerti

    BalasHapus
  30. ya allah, sungguh baru tahu mbak.
    terima kasih atas informasinya mbak.
    dengan adanya informasi ini, insya allah akan saya perbaiki, cara berkerudung saya.

    BalasHapus
  31. Wah jadi banyak tahu.. Entar adikku yang cewe aku kasih tahu mba Put..

    BalasHapus
  32. modelnya cantik yo . . :)mugo2 bojoQ koyok ngunu hahaha

    BalasHapus
  33. banyak sekali trend fashion model hijab seperti itu, anehnya: niat baik utk ngingetin blm tentu di anggap baik. parahnya lg, istri ustadz2 yg pd tampil di TV jg menampilkan gaya busana muslimah yg salah. dan akibatnya malah banyak yg niru. Wallahu a'lam....

    BalasHapus
  34. Subhanallah, bagus banget artikelnya sangat menginspirasi.

    BalasHapus

Menurutmu?