Jumat, 13 Januari 2012

Makna 7 Warna Pelangi

Pelangi, lambang keindahan yang sering menampakkan diri setelah hujan dan panas membaur. Seperti yang kita tahu, pelangi memiliki 7 warna khas yang selalu menjadi kompositor di setiap kemunculannya. 

7 warna ini akan menghasilkan spektrum putih bila dirotasikan. Ternyata, 7 warna pelangi yang terdiri dari Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu memiliki makna di tiap-tiapnya. Apa saja makna ketujuh warna pelangi? 


Makna 7 Warna Pelangi
  • Merah: Lambang keberanian dan cinta yang membara.
    Warna merah pada pelangi diadaptasikan sebagai warna darah muda dengan semangat menggelora. Merah pelangi juga diartikan sebagai lambang cinta murni.
  • Jingga: Lambang Kesehatan dan Kekuatan
    Warna jingga pada pelangi menampakkan kesejahteraan dalam kesehatan. Keseimbangan antara kesehatan dan kekuatan. Warna jingga juga dimiliki oleh buah dan sayur pembawa sehat, seperti wortel dan labu.
  • Kuning: Lambang Keceriaan
    Warna kuning mengartikan warna keceriaan, kegembiraan, dan kesenangan abadi serta pembawa suasana yang hangat.
  • Hijau: Lambang KesuburanWarna hijau mengartikan sebagai sumber kehidupan. Hijau juga dapat diartikan sebagai simbol pengharapan dan permintaan yang tulus.
  • Biru: Lambang Ruang KedamaianWarna biru mengartikan akan suatu objek berupa lautan. Biru menandakan air, sumber kehidupan serta menuturkan tentang sebuah ruang kedamaian.
  • Nila: Lambang Kesederhanaan
    Warna nila mengartikan sebuah dasar yang sangat dasar dengan seluruh kesederhanaan yang nampak padanya. warna yang menurut Pasrah, berserah diri, dan menerima apapun yang terjadi.
  • Ungu: Lambang Kemewahan
    Warna ungu banyak disimbolkan sebagai keagungan seorang raja yang bijaksana. Dengan tingkat kemewahan yang tinggi, aristokrat. Yang penuh akan aksesoris dan perlengkapan.
Jadi, mana warna pelangi kebanggaanmu?
Image: pujisejati.blogspot.com
akatsukikalibokor.blogspot.com

39 komentar:

  1. kalo boleh tahu, kamu tahu ga mengapa warna pelangi ada tujuh?

    BalasHapus
  2. @Iskandar: waah,, ya kagak lah. yang tahu Mbah Gugel :D

    BalasHapus
  3. ke 7nya jika digabung akan jadi warna putih yang suci dan bersih. :)

    tapipenasaran kenpa ga ada warna coklat sama hitam ya di pelangi :s

    BalasHapus
  4. biru kesukaan saya berarti sumber kehidupan yang vital ya ....

    BalasHapus
  5. karena aku LEO maka aku cenderung ke merah jingga dan kuning kali auranya...

    BalasHapus
  6. @Wahyu: apaan yang mantab?? hadehh :D

    BalasHapus
  7. @The loe: remeng2 nggak ada di daftra warna.. Hihihihi :D

    BalasHapus
  8. @3mnm: soalnya cokelat dan hitam itu terlalu gelap kali ya. Dan kalo diputer nggak bisa jadi warna putih *sotoy banget

    BalasHapus
  9. Warna hijau..hmm ternyata gitu toh arti dari warna pelangi

    BalasHapus
  10. @Sofyan: hehehe, GJ banget yah postinganku :D

    BalasHapus
  11. biru favorit ane tapi kira2 cucok gak ya ama sifat ane :cool:

    Dokumentasi & Catatanku

    BalasHapus
  12. ko gag ada warna item yah... padahal aku suka warna item...
    *glodak pelangi kan ga ada item nya yah :p

    BalasHapus
  13. @Ade: sama mbak, aku juga suka warna hitam dan sayangnya gak ada.. Lagi gak musim kali yaa:D

    BalasHapus
  14. Ah ini sih jago2nya aja manusia merangkai kata.. Hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha, baguslah kalo ada yang kritis begini. Aseeek :D

      Hapus
  15. warna nila dong kan sesuai dengan namaku. :)

    BalasHapus
  16. wah,baru tahu kalau Pelangi aja ada maknanya...hehehe...shiiipp.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya nih. Ini juga barusan nemu bagus dari Gugel :p*loh

      Hapus
  17. Aku Suka sama warna Hijauu,
    ga tau kenapa kalau lihat warna hijau jad adem ayem, kayak lihat senyuman manis sesorang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya lihat senyumanku ya Mas?? hehehehe

      *sekPDnya

      Hapus
  18. lucu kali ia kl ank q nnti aq ksh nma pelangi..
    hehe

    BalasHapus
  19. Cantik, aku suka... aku copy paste...izin

    BalasHapus
  20. Pelangi memang suka, tapi kalo warna idaman saya Biru.

    BalasHapus
  21. i like your blog, please visit my blog.. http://rantauanlombokmenulis.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. Di balik ketujuh warna pelangi ternyata bisa di maknakan yah,,,
    Kunjungan balik nih makasih atas follow dan komentarnya, aku udah follow back ke 326 :)

    BalasHapus
  23. kenapa warna pelangi ada 7 ?
    Kenapa huruf p-e-l-a-n-g-i , ada 7 ?
    Kenapa english r-a-i-n-b-o-w, juga ada 7 ?

    Sadar tak ?

    BalasHapus
  24. Indigo, atau Nila.
    Entah mengapa warna yang kerap dilupakan ini adalah warna yang menurut para sahabat adalah warna yang menyelimutiku.
    Entah apa maksudnya -_-

    BalasHapus
  25. mencoba mencari tahu tentang diri sendiri.. mengerti tentang diri sendiri sebelum mencoba mengerti ttg orang lain. "nila"... apakah arti dibalik itu? :)

    BalasHapus