-->

Selasa, 28 Oktober 2014

Do It Yourself: Tips Mencerahkan Wajah ala Tradisional Jawa

Dewasa ini produk pemutih wajah sudah menjamur dan menjadi bagian kosmetika wajib kaum hawa. Beragam brand, jenis, dan warna produk pemutih sudah banyak tersedia di pasaran offline maupun online. Mirisnya, tak banyak yang tahu kandungan apa yang terdapat dalam masing-masing produk pemutih dan tak menyadari bahaya yang mengintai pemakainya.
Ratu Jawa Kuno
Untuk meminimalisir resiko tersebut, alangkah baiknya bila kita menjadi generasi kaum hawa yang waspada dan back to nature. Mari mulai memanfaatkan potensi alam sebagai upaya merawat diri. Selain hemat, bahan alami untuk kosmetika juga aman dari produk kimia berbahaya.

Berikut adalah tips mencerahkan wajah ala Tradisional Jawa:


kencur
Bahan: Beras, Kencur, dan Daun Jambu Biji (Daun Jambu Klutuk)
Tumbuk 3 lembar daun jambu biji dengan beras dan kencur secukupnya. Usapkan pada wajah sebagai masker.
atau
daun jambu klutuk

Beras
Rendam 1 ons beras dalam air bersih selama semalam. Siapkan 23 lembar daun jambu biji dan 5 ruas kencur.  Blender semua bahan dengan sedikit air. Simpan dalam kulkas, sapukan dengan kuas masker jika hendak diaplikasikan di wajah.

Tips ini saya peroleh dari blog mbak Ikasari yang berhasil memenangkan award dari brand kosmetik kenamaan Indonesia.

Menurut mbak Ikasari, Beras memiliki fungsi untuk memutihkan. Zat oryzanol mampu memperbarui perkembangan pembentukan melanin dan efektif menangkal sinar UV. Paduan beras kencur juga mampu menghilangkan jerawat.

Sedangkan daun jambu biji memiliki kandungan Astringent yang mampu mengencangkan kulit. Vit A dan C serta fotasium yg terkandung di dalamnya memiliki fungsi sebagai anti oksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

Saya telah mengaplikasikan masker ini dan merasakan dampak yang mengesankan. Kulit terasa sangat halus, aroma kencur yang khas dan menenangkan, kulit terasa hangat saat pemakaian (efek dari kencur) serta kulit wajah menjadi lebih cerah.

Karena tidak semua bahan diatas cocok untuk semua kulit, ada baiknya jika pembaca yang hendak mengaplikasikan masker ini berkonsultasi dengan dokter.

12 komentar:

  1. berkunjung lagi kemari di rabu siang menjelang sore

    BalasHapus
  2. wah ternyata kencur dan daun jambu bisa dibuat untuk masker ya

    BalasHapus
  3. baru tau kencur dan daun jambu klutuk bagus untuk masker kulit wajah, kalau beras saya tau sih bagus untuk kulit tapi yang saya tau beras yang berasal dari jepang tapi ternyata beras indo juga bagus ya trm ksh nih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beras Indo juga gak kalah canggih kok kak buat perawatan kulit ^.^
      Sama-sama kak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Tradisional emang lebih baik :) efek samping minimalis hasil maksimalis

    BalasHapus
  5. tips yang bermanfaat nih,terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
  6. Pngin cba
    tp kliy q sensitif kna pnas dikit udh mrah

    Kra" bsa bwt ngilangin mrhx h yah??

    BalasHapus

Menurutmu?