-->

Selasa, 19 April 2011

Bonsai

Pernah dengar nama bonsai kan? Kalau iya selamat, Anda lebih pintar dari yang belum tahu. Kalau tidak, artikel ini mungkin bisa jadi jalan alternatif mempelajarinya.


Bonsai Punya Putri


Bonsai akrab di telinga mereka yang mengagumi kesenian Negara matahari terbit, Jepang. Yap, absolutely bonsai is one of too many culture that Japan’s have. Bonsai berasal dari kata Bon yang berarti tanaman / pohon dan Sai yang berarti pot. Tidak tahu pasti kapan bonsai mulai akrab di lidah Indonesia ( mungkin saat jaman penjajahan dulu). Yang pasti, bonsai sudah cukup digemari dan bukan lagi menjadi kesenian asing bagi masyarakat kita.






Kesenian membonsai sudah dikenal sebagai seni menghias tanaman sejak jaman dahulu kala di Jepang. Bonsai juga dikenal akrab menemani ikebana alias seni merangkai bunga asal Jepang sebagai kesenian favorit bidang tanaman hias. Langkah awal membonsai adalah ; Memilih jenis tanaman. Menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Memilih media tanam yang cocok dan menempatkannya di pot serta memilih tempat dengan cahaya matahari yang pas. Setelah itu, kita bisa mulai mendesain bentuk serta lekuk bonsai sesuai dengan hati kita. Eits, jangan salah. Meskipun kedengarannya mudah, namun ini adalah step yang paling sulit, karena dalam step ini menentukan hasil akhir indah tidaknya bonsai karya kita.


Bonsai Asem Jawa gaya Bunjin
Bonsai Jeruk Kimkit gaya gaskit


Sebagai seni yang dibilang cukup rumit, membonsai membutuhkan berbagai alat bantu dalam pengerjaannya. Alat-alat tersebut seperti; gunting daun, gunting batang, gunting kawat, kawat bonsai, catut, treamer, tatah, alat jin, dan lain sebagainya. Sedangkan bonsai sendiri memunyai berbagai gaya, antara lain; gaya formal, informal, twin, trunks, triple, kontemporer, natural, gaskit, bunjin, gaya ditiup angin, penjing, serta slenting. Tambahan, Bonsai tak lepas dari unsur alam dengan kata lain bonsai identik dengan batu, lumut, dan kayu.


Bonsai Jeruk Kimkit gaya penjin
Bonsai Serut gaya slenting
Bonsai Rukem gaya Natural
Bonsai Asem gaya kontemporer
Bonsai Santigi gaya Natural


Bonsai Lada-lada gaya formal


Dalam membonsai diperlukan kesabaran ekstra. Menurut Ayah saya (kebetulan Ayah saya seorang Pembonsai), bonsai yang dihasilkan menentukan karakteristik orang yang membuat. Semakin indah dan semakin detil bonsai yang dihasilkan, semakin teliti dan semakin sabarlah orang yang membuatnya.




Ayahnya Putri


Bonsai memiliki banyak peminat dan penggemarnya. Di Indonesia, para peminat dan penggemar bonsai bernaung dalam satu ikatan dengan nama PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia). PPBI memunyai cabang di setiap kota, kebetulan Saya di Surabaya jadi ikut PPBI Surabaya. PPBI ini sering mengadakan pertemuan di rumah-rumah anggotanya. Tak ketinggalan, Saya ikut ambil bagian (bagian makan maksudnya).


Selain itu, bonsai juga menjadi tanaman wajib bagi tempat yang merupakan sentral pemerintahan. Contohnya di Istana Merdeka, banyak bonsai yang ditata rapi nan rindang. Bahkan, Ibu Presiden wanita pertama Indonesia, Bu Megawati juga suka bonsai lho. Menurut berbagai sumber, Bu Mega lebih memilih menghabiskan waktu senggangnya dengan mengguntingi dedaunan bonsai (untuk memperindah) dibanding berhura-hura menikmati dunia luar. Salut buat Bu Mega.


Ada lagi nih, fakta unik. Mesikpun dikenal sebagai pohon kerdil, namun bonsai memiliki harga yang fantastis. Untuk ukuran paling mini saja bisa mencapai Rp. 50.000,- per pot dan untuk ukuran medium bisa buat beli laptopku (maklum, laptop ini dari hasil jualan bonsai juga) alias antara Rp. 5 juta hingga puluhan juta rupiah. Apalagi kalau bonsai tersebut sudah berulang kali masuk kancah pameran Internasional, harganya bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah. Keren kan..!! berminat mencoba peluang bisnis bonsai? Ayo, belum terlambat kok.. ^_^ Yang berminat berkunjung, silakan ke rumah Putri. Jl.Pakal Timur 3 66a, pakal, Surabaya.


Oh ya, ada lagi nih. Kemarin Putri dapet award dari Kira. disuruh dibagi-bagikan. Biar makin menambah tali silaturrahim, bagi yang baru mampir atau tersesat juga boleh mengambilnya. Ini nih Awardnya. and, award ini juga aku kasih  untuk satu orang yang sudah baik hati minjemin modemnya buat aku, artikelnya meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood, meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood. yang mau ambil,monggo.




Salam 


“Putri ”

50 komentar:

  1. Wew.. saya kaget semua model2 bonsai yg ada dsini dr kbun bonsai putri semua? O_O"
    Kalo djual semua bsa keliling indonesia.. haha :D
    jangan ya.. sayang ^^

    Bonsai itu kalau dilihat banyak yg membuat hati jadi tambah tenang. Misalnya yg kontemporer.. rasanya tuh.. gmanaa gtu.. susah dblang.. ^^a but i love that feeling. Cuman beberapa terkesan serem dan angker kalo msalnya dtarok dlam glap.. Tp kn ga ada tante kunti yg nangkring di bonsai ya? Haha ^^"

    Apa semua tanaman bsa dibonsai?
    Supaya tuh tanaman lambat tumbuhnya dikasih apa biar sgede gtu aja? :/

    Oh ya anw, blognya putri dipakein apa? Kok kalo didiemin bentar langsung muncul screen hitam yg mnyatakan penghematan. Mski bgtu, sya jd agak susah nih bcanya.. *laporan, haha :D

    BalasHapus
  2. q kitra yng trakhir juga bonsai :p
    eh trnyata ayah putri :D
    hkhkh
    #kabuur

    BalasHapus
  3. @hamadzi: hehehe, lagian juga jarang Ayahku mau jual. Mungkin kalo sudah ada event aja.
    Yap, semua bonsai itu dari kebun aku. sebenarnya masih ada ratusan model lagi, cuma yah.. uploadnya lama. hehehe

    tenang, adanya Mbak Putri, bukan mbak Kunti,

    itu energy save mode, sayang. aku pengen belajar menghemat daya dan menggunakan sistem green computing. kan tinggal digeser sajja kalau merasa terganggu.

    BalasHapus
  4. @ aciid: iih, jahat ihh.!!!

    awas kamu yah.!!!
    :D

    BalasHapus
  5. aih, saya juga dulu punya bonsai.. cuman karena nggak bisa ngerawatnya jadi tumbuh gede. *laah..itu bonsai apa pohon kelapa?.

    soal mahal nggaknya, relatif.. kalo emang udah suka pasti nggak peduli harga kaan..

    bukan penggemar bonsai sih, jadi sayang aja kalo duit dibuat beli begituan. hehehe..

    BalasHapus
  6. met pagi putri, lihat bonsai spti lihat hutan mini masa purba, bonsainya bagus2,klo ma jg sya ambil, mnsia dibonsai kya pa ya...

    awardnya jg sy ambil, thanks ya, gdluck

    BalasHapus
  7. @gaphe: hehehe, ayo dirawat bareng, dirumahku aja

    emang seh relatif, tapi bagi mayoritas orang, bonsai masih mahal

    BalasHapus
  8. @wongcrew: pagi juga,Mas
    manusia dibonsai? hahahy, nggak kebayang

    sama-sama..

    BalasHapus
  9. keren bonsainya... sy juga pengin belajar bikin... asik banged kayaknya

    BalasHapus
  10. waw,, keren koleksinya.... bagus bagus put..

    BalasHapus
  11. @rosie: terima kasih ya.. kalau mau belajar, ke rumahku saja. tu alamatnya tertera diatas.. :D

    BalasHapus
  12. Wah.. itu kebun bonsai apa toko bonsai? haha.. bnyak bnget mpe ratusan.. manteb ^^b
    Yah, tp kan syang jg udah d rwat susah pyah bertahun-tahun klo djual..

    Oh ya dlu sya pernah punya bonsai tapi kaktus tapi bentuk teratai. Kebayang? Sayangnya karena perawatan sya yg buruk jdnya mati.. :( Merawat hewan mau pun tanaman itu susah.. x( Dulu prnah pnya kelinci, mati. Sekarang punya suplir, kritis. (Kalo yg suplir ga tau knapa, smnjak prnah kna musim panas jd kering daunnya, hidupnya jd megap2. Kasihan bnget nengoknya, tp ga tw hrs gmn.. x( )

    Ho.. emang sngaja.. dikirain.. ==a
    Yah keep your good work ya! :)

    Anw, prtnyaan sya tntang bonsai blom djwab loh.. pnasaran sya.. *blom gntayangan tapi.. hehe

    Apa semua tanaman bsa dibonsai?
    Supaya tuh tanaman lambat tumbuhnya dikasih apa biar sgede gtu aja? :/

    BalasHapus
  13. Salam kenal put...
    Saya dulu pernah coba-coba pelihara Bonsai,... tapi gagal nih, jadi pingin mencoba lagi, keren deh

    BalasHapus
  14. @hammy: aku jawab aja pertanyaannya langsung yah..:D

    ndak semua tanaman bisa di bonsai, hanya beberapa yang punya umur panjang (ex: asem jawa, serut, bahkan pohon jati) dan memiliki tekstur kayu yang cukup keras. beberapa teknik bonsai ada yang dikeringkan, jadi kayu salh satu faktor penting.


    kalo itu, kita mulai dari bakalnya dulu. jangan cari bakal bonsai yang gede. setau aku, belum ada obat memberhenti pertumbuhan, kn kasian jadi gag sehat. untuk mengakali sih, biasanya ayahku gunting batangnya, atau sekiranya kalo sudah tumbuh gede di gergaji. lalu di bentuk lagi. begitu..

    BalasHapus
  15. @ Mas Odjie: ayo, pelihara lagi.. ndak pengen ta bikin bonsai kaya punyaku??

    ehehe

    BalasHapus
  16. bonsai, mengingatkan saya sama seseorang :D...


    hmm, mau jadi peternak bonsai ya... (#!@%$#%)

    BalasHapus
  17. @eks: kok peternak sih?? :D

    Alis tebal yang ngirim wall d ngawur tuh kamu ..

    BalasHapus
  18. Wah itu bonsaim koleksi kamu semua....? hebat banget.... hehehehe keren2 bonsainya....jadi pengen p[unya bonsai... itu kalau bonsai nya bagus bisa jutaan harganya....hehehehe

    BalasHapus
  19. @arief bayu: iya, itu bonsai ayah saya semua. masih banyak sih. cuma nggak bisa d uload semua.


    yap, harganya semakin bagus semakin mahal.

    BalasHapus
  20. Dulu bokap gue pernah pelihara pohon bonsai, tapi gak tumbuh2 >.<

    BalasHapus
  21. dikeluarga saya nggak terlalu suka bonsai sih, jadi nggak terlalu ngerti^^
    tapi thnks infonya :)

    blognya bagus, ku follow ya^^
    folback yah :DD

    BalasHapus
  22. ● DeaTh_a ● Vessalius ● Phantomhive (◕‿◕ ✿):
    iya, sama-sama.. semoga bermanfaat..

    terima kasih, anda follwer yang ke 50, hehehe

    sudah d folback koq, terima kasih ya

    BalasHapus
  23. jahat gman :D
    mw dgimanain emankna :D ?

    BalasHapus
  24. hiyaaaa... promosi nih ;)
    gapapa, jadi anak yang berbakti, bantuin bapak.. :p

    btw kamu SMA 11 ya?jangan2 alumni 26 juga?

    BalasHapus
  25. perlu kesabaran dan kreatifitas dalam membonsai.. aku baru nyentuh taneman aja tanemannya langsung mati..heu

    BalasHapus
  26. @yen: bukan .. aku alumni 14..
    kamu alumni 26 toh??

    BalasHapus
  27. bagus - bagus bonsainya,..salam kenal mampir juga ketempat aku ya..thank's

    BalasHapus
  28. @ autocad: post nya nggak bisa d comment yah??
    ya sudah, berkunjung saja lah..

    BalasHapus
  29. wah pengusaha bonsai yah
    bonsainya banyak banget tuh :)

    BalasHapus
  30. wah, keren2 banget bonsainya.
    sayangnya di rumah saya ga ada bonsai:(

    oh, baru tau kalo bonsai itu ada perkumpulannya:D

    BalasHapus
  31. @John Terro: iyah, cuma Hobi hehehe
    makasih ya sudah berkunjung..

    BalasHapus
  32. wah, kena marah sama mbak putri karena blog saya belum update hehe, lagi terlalu sibuk mbak putri,.. hehe, ngomong2 soal bonzai saya juga punya loh, tapi yang buatan dan dari plastik, tak sehebat punya ayahnya mbak..., minta tips nya dong mbak dari ayahnya gimana cara buatnya hehe

    salam persohiblogan ^_^

    BalasHapus
  33. @auraman: iya, gimana sih?? banyak yang ngomentari. tapi yang dikomentari kagak ada.!! :(

    kalo mau tips, kerumah putri saja, pasti dikasih,
    :D

    BalasHapus
  34. saya dulu sempet diberi tugas buat bonsai pas SMA, tapi gak jadi..:D

    BalasHapus
  35. itu bonsai punya kamu bukan??? keren bgt..

    BalasHapus
  36. semua tentang tanaman ada di http://kebun-tanaman.blogspot.com/

    BalasHapus
  37. masih aktif gak ni web???
    Q mw tanya nih, untuk pohon serut media tanam yg bagus apa ya???
    untuk bibitnya yg bagus yg gmn??? coz Q srg coba tnam dr bibit yg tmbuh liar, mulai dr yg kcil smp yg udh agak gedhe gk prnah brhasil...
    1 lg... bs gk pohon serut dicangkok???
    tq Putri... tlg bls di email jg ya...
    axle_avenger@yahoo.co.id

    BalasHapus
  38. Dear Abdhee

    Oke, semua akan saya jawab by email. Please wait :D

    thanks ya sudah mau konsultasi

    BalasHapus

Menurutmu?