-->

Senin, 21 September 2015

Meet My Super Girlie BlankOn Linux Theme


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang OS di notebook saya, yang favoritnya kebangetan, soalnya unik dan nggak banyak orang tahu. Namanya BlankOn, lucu banget yak namanya?

Just for your information,
BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak–pernik khas Indonesia, distro ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia. BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Tim Pengembang BlankOn. Pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong, sehingga siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. BlankOn Linux juga bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Bahkan, Anda bisa mendistribusikannya dan membagi-baginya secara bebas tanpa batas kepada siapa saja.

-Dikutip dari: Buku Panduan BlankOn Pattimura-

Saya pribadi sudah menjadi pengguna BlankOn sejak beberapa tahun yang lalu, pertengahan tahun 2012, InshaAllah jika saya tidak salah ingat. Sudah 4 tahun-an, namun karena saya culun dan gaptek, saya lambat menyadari perihal potensi yang luar biasa dari Linux satu ini. Saya cuma kesengsem sama chromium-nya yang super cepat dan anti lelet jika dibandingkan browser lain. Selain itu, aplikasi islami seperti Al-Quran Digital, Zikr, Hadist, Monajat, Kalender Hijriah, serta Stellarium (planetarium pribadi versi saya) membuat BlankOn semakin favorit bagi saya.

Selama 4 tahun, saya cuma bisa ganti wallpaper, font, dan menginstall beberapa aplikasi baru yang sifatnya sederhana seperti modem, game, atau editor foto. Udah, begitu aja, iyaa begitu aja bisanya.

Ternyata banyaaakk banget hal yang bisa dieksplor dan dimodifikasi di BlankOn lho! Mulai dari upgrading, updating, ngutek-utek paket synaptic dan mengecek repositori yang masih gagal, pokoknya asik! (walaupun bingungnya juga gak kalah asik sih!). Selain itu, ternyata tema di BlankOn bisa diganti sesuka hati lho, warna, font, size, icon, gadget, panel, dan semuanya asli kereen banget!

Ini dia penampakannya:

Folder and Files- BlankOn

LibreOffice Writer - BlankOn


Dan ini tampilan saat playing music:
BlankOn - Music and Movie Player
Pink everywhere, cute everywhere.
So, do you wanna share your BlankOn theme too?

18 komentar:

  1. wehhh wehhhh yg pke blankon nih si dd,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh Bro, apa kabar ^.^
      Ndak pernah nyapa nih, sekali nyapa di postingan.

      Hapus
  2. klo distro linux yang pernah saya pake paling debian, kali linuxs, ubuntu, ozon linuxs, fedora, android x86. klo yang lagi nunggu itu papyros linuxs, keren tanpilannya material desain, tapi belum jadi kayanya terakhir baru 85%... blankOn boleh juga nih coba, apa lagi buatan anak bangsa ya, sama kaya tea linuxs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kenapa saya ndak mudeng ya samian ngomong apa, hihihi.
      Really nice comment BTW

      Hapus
  3. keren put. tapi kok pink sih heheheh
    semangat otak atik laptop put.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum put, emang linux itu enteng sihhh jadi buat notebook lama sangat membantu banget, apalagi kalo diganti pake SSD malah jadi ngebut banget. Kunjungi blog ku ya di https://www.gadgetku.web.id/ sama kalo tentang listrik kayaknya udah di follow ttps://tlbatkpsby.blogspot.com/

    BalasHapus

Menurutmu?